-->

Tips Sukses Memulai Bisnis Usaha Toko Sembako

Cara memulai Usaha Toko Sembako - Bisnis yang kita lakukan tentunya kata-kata sukses lah yang kita damba-dambakan. Lalu siapa yang tidak ingin usahanya sukses?. Bagi anda yang baru menekuni bisnis pasti akan bertanya-tanya bagaimana sih agar bisnis bisa sukses?

Untuk menjalankan suatu bisnis tentulah tidak hanya sekedarnya saja anda menjalankannya. Setidaknya ada beberapa hal yang kiranya dapat dilakukan sebelum menjalankan sebuah bisnis. Untuk artikel kali ini kami khusus membahas bagaimana tips cara membuka usaha toko sembako atau kelontong agar sukses ke depan dan bisa jadi nantinya anda bisa menjadi toko anda toko sembako grosir yang modern.

Tips Sukses Memulai Bisnis Usaha Toko Sembako
image : grocery stores

Tentunya tips yang akan dipaparkan nantinya bukan sebagai acuan tapi mungkin bisa sebagai masukan tambahan-tambahan yang bisa diterapkan nantinya bila usaha toko sembako telah berjalan. Tentu saja anda boleh setuju atau pun tidak namun lagi-lagi ini hanya sekedar masukan untuk bisnis anda.

Lalu apa yang perlu di pertimbangkan dalam hal memulai bisnis usaha toko sembako?

Berikut ini beberapa hal yang merupakan kunci kesuksesan bisnis toko sembako atau toko kelontongan :

1. Modal Usaha
Modal adalah merupakan faktor utama, karena tanpa modal yang memadai rasanya sangat sulit meraih kesuksesan. Namun memiliki modal yang besar bukan juga bisa menjamin bisnis menjadi sukses. Artinya barang yang dijual mesti lengkap walaupun jumlahnya sedikit artinya disesuaikan dengan modal awal.

2. Tentukan Harga
Harga yang bersaing terlebih lagi harga yang lebih murah merupakan salah satu daya tarik pembeli. Namun tentu perhatikan margin keuntungan dengan demikian jangan semua barang harus murah. Usahakan harga barang minimal sama dengan toko lain dengan memberikan harga barang yang sering di beli dengan harga yang relatif murah dibandingkan penjual lain. Ini adalah strategi awal agar toko anda dikenal harganya murah namun sebenarnya tidak semuanya.

3. Posisi Toko Strategis
Menurut kami toko strategis merupakan faktor yang tak kalah pentingnya, Posisi yang mudah dijangkau, terlihat, seperti di pinggir jalan yang lebar, lalu lintas para warga, ditengah pemukiman padat ataupun parkir memadai sangat cocok untuk membuka usaha toko sembako.

Namun demikian bila memang susah sekali menemukan tempat untuk membuka usaha ini, anda bisa membuka toko yang "kurang" strategis. Untuk masalah ini anda harus lebih maksimal lagi untuk memperkenalkan toko anda tentunya, salah satunya adalah pada point 2 diatas, yaitu dengan harapan orang yang pernah membeli di toko anda akan memberikan rekomendasi kepada teman-temannya dimana tempat membeli barang-barang sembako yang murah.

4. Pelayanan & Komunikasi
Pepatah mengatakan "Seperti kata pepatah pembeli adalah raja" ini wajib anda terapkan. Pembeli akan senang apabila anda ramah dan sabar dalam melayani pembeli. Jawab pertanyaan apabila pembeli ingin tahu suatu produk atau harga. Ciptakan obrolan yang ringan dan nyaman sehingga calon pembeli betah di toko anda dengan harapan akan mencari-cari barang lainnya.

5. Pajanglah Beberapa Produk
Tanpa kita sadari, walaupun pembeli tadinya tidak berniat membeli produk yang kita pajang tapi karena melihat barang ditoko maka niatan untuk membelinya pun ada. Untuk itu desain atau pajanglah barang semenarik mungkin, gampang dilihat dan toko terlihat penuh koleksi barangnya.

6. Jujurlah
Inilah faktor penting dalam menjalankan suatu bisnis. Barang yang anda jual selalu ada kekurangannya (cacat)mungkin andapun tidak tahu, selalu terima komplain dari pembeli baik itu karena barang rusak, bocor atau kadaluarsa untuk menghindari kekecewaan pembeli. Dalam hal pembayaran selalu bila uang yang dibayar oleh pembeli maka kembalikan lah kepada pembeli atau apabila ada barang pembeli yang tertinggal simpan untuk dikembalikan bila nanti pembeli menanyakan barang yang tertinggal.

Itulah kiranya tips sukses memulai bisnis usaha toko sembako yang dapat kami sarankan. Sekarang silahkan Anda “action” untuk mempraktekkannya?

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar